Ilustrasi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Bagi para atlet, kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam menggapai kesuksesan. Jika para atlet memiliki badan yang sehat, hal itu dapat mendorong para atlet untuk menggapai prestasi setinggi mungkin.

Para atlet harus mempunyai tingkat kesadaran diri yang tinggi tentang kesehatannya. Salah satu bentuk menjaga kesehatan yakni dengan meminimalisir cedera yang ditimbulkan baik karena latihan atau saat pertandingan.

Untuk mempercepat pemulihan cedera, Koni Jatim membentuk tim Dokter yang bertugas menangani para atlet yang tubuhnya sedang tidak sehat.

Kebanyakan atlet menderita cedera sesuai dengan cabornya masing-masing, “cabor yang sering menggunakan bagian-bagian kaki pasti cederanya di sekitar kaki, cabor yang menggunakan tangan contohnya ski air juga sering cedera di bagian tanganya,” jelas Ari salah satu tim Dokter Koni Jatim.

Hingga saat ini, para atlet Koni Jatim belum sampai terjadi kasus berhentinya karir seorang atlet karena keterlambatan penanganan cederanya.

Agar dapat mengetahui kondisi para atlet, tim Dokter sering melakukan evaluasi kesehatan di Sport Klinik setiap hari kamis. Tim Dokter juga menekankan kepada atlet agar tidak menyepelekan cedera yang dialami walaupun itu cedera ringan.

“Biasanya atlet juga meremehkan cedera yang dialami, padahal cedera apapun itu tentunya berbahaya bagi diri mereka masing-masing,” tambah Puspita salah satu perawat Koni Jatim.

Tim Dokter Koni Jatim berharap agar semua atlet yang mempunyai cedera segera pulih sehingga dapat mengikuti kompetisi dengan hasil yang maksimal. yd