Psikologi untuk Kembangkan Prestasi Atlet

 

Atlet KONI Jatim sedang berlatih.


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Psikologi merupakan pilar penting untuk berkembangnya prestasi para atlet. Oleh itu, KONI Jatim menyediakan ahli psikologi.

Tujuan awal adanya ahli psikologi bagi atlet yaitu membantu atlet untuk mencapai targetnya. “Semuanya tergantung atletnya dia targetnya apa, sedangkan kita tugasnya membantu mereka untuk mendapatkan target tersebut,” papar Rahardian selaku ahli psikologi KONI Jatim.

Target setiap para atlet dapat tercapai apabila masing-masing atlet memiliki kekuatan mental yang baik. Oleh karena itu para ahli psikologi melakukan pendekatan kepada setiap atlet jika mengalami suatu masalah yang menyebabkan prestasinya menurun. “Misalkan atlet tersebut sudah siap 99% untuk bertanding, tapi 1% psikisnya goyah maka akan sangat terganggu khususnya cabor sepakbola,” jelas Rahardian selaku ahli psikologi KONI Jatim.

Karakteristik per cabang olahraga pastinya memerlukan tindakan psikologis yang berbeda-beda. Terdapat atlet dari cabor tertentu yang sudah dapat melatih mentalnya sendiri, tetapi ada juga atlit yang belum bisa melatih mentalnya sendiri sehingga memerlukan tahapan-tahapan dalam melatihnya. “Kalau membicarakan mental itu tidak bisa dengan kalau besok tampil maka mentalnya hari ini terbentuk, pembentukan mental harus bertahap,” jelas Nisa saat ditemui di Kantor KONI Jatim.

Persiapan mental harus dimulai sejak awal agar mental para atlet dapat terbentuk dengan baik. Mulai dari pra kompetisi harus dipikirkan mental apa yang disiapkan terlebih dahulu, sampai menjelang kompetisi kira-kira mental apa yang perlu dikuatkan. Perlu ditekankan oleh para atlet bahwa mental juara itu tidak dapat dibentuk secara instan, mental tersebut harus dipupuk sejak dini melalui tahapan yang ketat agar dapat berguba nantinya bagi para atlet agar lebih berprestasi. yd





Komentar Anda