Anggota Polres Blitar Kota Jalani Tes Psikologi Kepemilikan Senpi

 

Sejumlah anggota Polres Blitar Kota mengikuti tes psikologi pemegang senpi,


SURABAYAPAGI.com, Blitar - Sebanyak 239 anggota Polres Blitar Kota mengikuti tes psikologi untuk pemegang senjata api (senpi), Rabu (14/2/2018). Tes psikologi ini menjadi satu syarat bagi anggota agar bisa memegang senpi.

Tes psikologi ini diikuti para perwira, Kapolsek, dan sejumlah anggota satuan di Polres Blitar Kota. Tim penguji psikologi dari Polda Jatim.

"Tes psikologi ini merupakan agenda tahunan untuk anggota. Ini merupakan satu syarat bagi anggota untuk memegang senpi," kata Kabag Sumda Polres Blitar Kota Blitar, Kompol Slamet Riadi.

 

Selain tes psikologi, ada syarat lain yang harus dipenuhi anggota agar bisa memegang senjata api, yakni hasil penilaian dari pimpinan.

Penilaian dari pimpinan ini untuk mengetahui karakter dari anggota yang akan memegang senjata api.

"Selain tes psikologi, penilaian personal anggota dari pimpinan juga perlu. Bagaiman karakter anggota itu, keluarganya, dan lingkungan keluarganya seperti apa," ujarnya.

Menurutnya, tidak semua anggota yang mengikuti tes psikologi lolos ujian. Pengalaman dari tahun ke tahun sekitar 20 persen dari total anggota yang mengikuti tes psikologi tidak lolos ujian.

"Hasil tes psikologi akan dibawa ke Polda Jatim. Biasanya seminggu kemudian hasilnya baru keluar," papar Riadi.

(cr/trbnws)



Komentar Anda



Berita Terkait