Ilustrasi

SURABAYAPAGI.com - Seharian bekerja di kantor membuat kita duduk seharian di depan meja. Padahal, duduk terlalu lama setiap hari menimbulkan risiko kesehatan yang sebanding dengan merokok untuk memicu terjadinya berbagai penyakit seperti kanker, diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit kardiovaskuler.

Parahnya lagi, efek negatif dari terlalu lama duduk tidak bisa dibalikkan dan tidak dapat dikompensasi dengan kebiasaan yang baik. Satu-satunya cara untuk menghindari risiko kesehatan ini adalah dengan mengurangi lama duduk per hari dan mulai aktif bergerak.

Para peneliti di University of Warwick melaporkan bahwa untuk bisa membatalkan efek negatif dari duduk kelamaan, kita harus berjalan sepanjang 11 kilometer atau berdiri selama tujuh sampai delapan jam. Sanggup?

Berjalan sebelas kilometer sehari (atau bahkan 10 ribu langkah saja) rasanya mustahil untuk dilakukan bagi sebagian besar orang. Namun ada beragam cara mudah agar Anda bisa mulai aktif bergerak selama di kantor.

Jalan-jalan atau lakukan peregangan setidaknya 3-4 menit setiap jam Kerja dengan meja berdiri Mengadakan rapat sambil berjalan Makan siang atau beli jajanan sore di tempat yang jauh dengan jalan kaki Beli kopi di kedai kopi yang agak jauh dari kantor dengan jalan kaki Parkir mobil atau motor jauh dari pintu masuk gedung kantor Hampiri satu sama lain untuk saling berkomunikasi di kantor, daripada skype call, chatting, atau email Saat ingin buang air kecil, pilih kamar mandi di satu lantai di bawah/atas kantor dengan naik-turun tangga Naik-turun tangga gedung untuk mencapai lantai kantor, istirahat pergi beli kopi di lobby, atau makan siang Naik lift atau eskalator sampai di 2-3 lantai di bawah kantor Anda, dan lanjutkan sisanya naik tangga Goyang-goyangkan kaki dengan mengetuk-ngetukkan kaki atau memutar-mutar pergelangan kaki selama bekerja untuk meningkatkan sirkulasi Gunakan tempat sampah/printer/mesin fax/fotokopi yang terjauh dari meja Anda Berdiri selama rapat dan presentasi Jalan memutari gedung kantor setelah makan siang atau ketika kepagian datang ngantor Turun bus di satu halte sebelum halte terdekat, dan jalan kaki sampai kantor Jalan-jalan di ruangan ketika menelepon Ubah posisi atau postur duduk sesering mungkin Regangkan pergelangan tangan, lengan, dan otot leher setelah berjam-jam lelah mengetik Lakukan half squat, lompat-lompat kecil, atau bergantian tahan keseimbangan di satu kaki saat menunggu mesin kopi selesai menyeduh Bolak-balik sesering mungkin untuk mengambil air minum

Tidak semua orang memiliki waktu, energi, atau ambisi untuk pergi nge-gym setelah seharian lelah bekerja. Silakan coba terapkan sejumlah tips mudah ini setiap hari untuk memacu diri agar lebih aktif bergerak selama bekerja.