Dokter Klaim 'HOAX' Kangen Water Bisa Obati Penyakit

 

Kangen Water, Aksi Tipu Tipu Air Alkali


SURABAYAPAGI.com - Beberapa tahun belakangan ini tengah marak penjualan produk minuman Kangen Water. Minuman mengandung alkali ini diklaim dapat membersihkan racun yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, air kemasan ini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Dokter sekaligus bloger, I Made Cock Wirawan, mengatakan bahwa tiga klaim yang disebutkan oleh produsen air Kangen Water adalah tidak benar. Hal itu dia sampaikan melalui blognya, Kamis (23/11/2017).

 

"Pagi ini saya menerima kabar dari seorang teman tentang hoax Kangen Water. Mengapa hoax? Karena khasiat yang digembar-gemborkan oleh produsen Kangen Water ternyata tidak sesuai dengan yang sebenarnya," tulis dr Made.

Dia menuliskan, berdasarkan berita acara pemeriksaan dari Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), PT Enagic Indonesia selaku produsen mesin Kangen Water diminta untuk:

1. Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water yang “telah diakui negara” (Kementerian Kesehatan RI).

2. Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water sebagai “medical device."

3. Tidak boleh mengklaim bahwa produk mesin ionisasi (water elekrtolisis) sebagai produk yang dapat “menyehatkan dan/atau menyembuhkan."



Komentar Anda