Ratusan Kader PAN ikut dalam Deklarasi Tekad Kemenangan se-Jawa Timur. (SP/CAN)

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Deklarasi Tekad Kemenangan se-Jawa Timur dalam Pilkada serentak mendatang. Ratusan kader PAN mulai dari Kediri, Tulungagung, Blitar dan Nganjuk berkumpul di hall IKCC Kota Kediri, Selasa (6/2/2018).

Deklarasi yang berlangsung dua jam tersebut juga dihadiri Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Deklarasi dilakukan untuk meraih kemenangan mulai Pemilihan Kepala Daerah hingga Pemilihan Presiden mendatang. Di pemilihan Gubernur Jawa Timur sendiri PAN resmi mendukung pasangan Kofifah-Emil. Sedangkan di Pemilihan Walikota Kediri, PAN mengusung pasangan Abdullah Abu Bakar-Lilik Muhibah.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan, dalam pemenangan pemilu di Jawa Timur harus butuh perjuangan. Menurutnya, perjuangan dalam pemenangan pilkada baik di Jawa Timur maupun di daerah harus dituntaskan. "Tidak ada kemenangan tanpa pengorbanan. Maka PAN ingin turut melaksanakan pengorbanan itu," ujar Zulhasan panggilan akrab Ketua Umum partai berlambang matahari.

Pria yang juga menjadi Ketua MPR RI ini mengaku, kunci penentuan kemenangan wilayah Jawa Timur nanti akan datang pada Partai Amanat Nasional. PAN di Jawa Timur sangat besar. Oleh karena itu, Zulhasan mengharapkan seluruh kader PAN memiliki tanggung jawab paling besar pada pemenangan Pilkada Jawa Timur. "Mari amanah ini kita pikul bersama. Dengan ikhtiar Insya Alloh, Bu Kofifah akan menjadi Gubernur Jawa Timur," tegasnya.

Selain itu, Zulhasan juga memberikan pengetahuan pada seluruh kader PAN di wilayah Mataraman. Ia menjelaskan Negara akan maju jika memenuhi tiga syarat. "Ada tiga syarat Negara bisa maju. Satu, Negara harus punya ilmu. Kedua, Negara akan maju jika semua saling percaya. Ketiga, Negara akan menjadi bangsa yang maju kalau punya nilai-nilai tinggi. Maka kita semua harus wujudkan itu," tandas mantan Menteri Kehutanan RI tahun 2009-2014.

Sementara itu, calon Gubernur Jawa Timur, Kofifah Indar Parawangsa mengatakan, sinyal dukungan partai berlogo matahari memang sudah disampaikan sejak Maret lalu. "Pak Hasan saat itu bilang, tuntaskan perjuangan Jawa Timur. Beliau juga akan keliling se Jawa Timur bagaimana mesin PAN akan digerakan untuk bisa mengawal proses pemenangan Pilgub Jawa Timur dalam pasangan Kofifah-Emil," ucapnya.

Lanjut Kofifah, komitmen Ketua Umum PAN juga diwujudkan dengan cara berkunjung ke seluruh Kabupaten/Kota yang akan dirangkai dengan pertemuan antar pengurus ranting ditingkat Kelurahan/Desa dan relawan ditiap-tiap TPS. "Saya rasa ini pemetaan yang sangat detail dan sangat terukur yang dilakukan oleh PAN. Bahkan Ketua Umum disini beliau (Zulhasan) akan mengomando sendiri proses penghantaran kami sebagai calon Gubernur," imbuhnya.

Sementara itu, untuk dukungan Kofifah-Emil di wilayah Mataraman, ia mengaku saat ini sudah melalui proses koordinasi secara langsung dengan Partai Demokrat. "Besok saya akan koordinasi dengan Bapak SBY. Insya Alloh beliau akan melakukan pemetaan secara strategis bagaimana cara penguasaan dukungan di wilayah Mataraman. Bahkan Mas Emil juga sudah berkoordinasi dengan Mas AHY. Mudah-mudahan proses ini akan menjadi sinergitas kemenangan kami. Sesungguhnya jika kami menang, yang menang adalah masyarakat Jawa Timur," pungkasnya. Can