KH Kholilurrahman saat mengembalikan formulir pendaftaran calon bupati (cabup) ke PPP Pamekasan.

SURABAYAPAGI.com, Pamekasan - Pihaknya menilai PPP sebagai partai besar yang juga selalu diperhitungkan dalam berbagai kontestasi politik, baik pileg, pilkada, pilgub bahkan hingga pilres.

Ketua DPC PPP Pamekasan KH Mondhir Kholil mengajak seluruh elemen pertai agar tetap solid dan segera membenahi berbagai persoalan yang selama ini menjadi 'prahara'.

Hal itu disampaikan usai dirinya menghadiri kegiatan Dirgahayu 45 partai berlogo Ka'bah yang digelar di Kantor DPC PPP Pamekasan Jl Bonorogo 92, Lawangan Daya, Pademawu.

Dalam kegiatan tersebut, partai pengusung jargon 'Rumah Umat Islam' mengangkat tema 'Mari Bersatu Membangun Indonesia' dalam menghadapi momentum pesta demokrasi pada 2018. "Ajang ini merupakan momentum introspeksi sekaligus ajang konsolidasi antar kader," kata KH Mondhir Kholil.

Sebab selama ini pihaknya menilai banyak kader yang justru terpancing dengan berbagai isu yang dialamatkan terhadap partai yang dipimpinnya. "Sebenarnya ini pemanasan (menjelang pilkada), tapi kita harus hadapi dengan arif dan bijaksana," ajaknya.

"Selain itu kita harus segera membenahi berbagai kesalahan yang sudah kita perbuat, khususnya dalam persoalan internal partai. Sehingga kedepan kita harus selalu melakukan koordinasi dan konsolidasi agar tidak terjadi kesalahan serupa," ungkapnya.

"Memang kita menjadi parpol pemenang di Jawa Timur, tidak terkecuali di Pamekasan. Tapi kita harus lebih spesifik lagi, bahwa PPP Pamekasan berbeda dengan daerah lain," jelasnya.

"Dari itu kita harus berjuang keras sekaligus mencari tahu kekuatan dan kelemahan yang akan kita hadapi, sehingga kita bisa terus menjadi solid dengan pengetahuan terhadap kekuatan dan kelemahan kita sendiri," imbuhnya.

Namun demikian, pihaknya memastikan PPP Pamekasan tengah dalam kondisi terbaik sekalipun diterpa berbagai isu miring di jajaran internal. "Intinya PPP (Pamekasan) tetap sejuk," pungkasnya. bj