PPP Terbelah di Pilgub Jatim

 

Wasekjen PPP Achmad Baidowi


SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Wasekjen PPP Achmad Baidowi atau yang akrab disapa Awiek mengatakan keterbelahan itu karena Khofifah muncul belakangan. Karena itu, dia meminta Khofifah menjalin komunikasi ke DPW dan DPC PPP Jatim.

Lingkup internal PPP terbelah menjelang Pilgub Jawa Timur 2018. Ada yang ingin mendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul), sisanya cenderung ke Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

"PPP meminta Bu Khofifah untuk melakukan koordinasi dan konsolidasi kepada DPW PPP Jatim dan DPC, 38 DPC PPP se-Jatim. Jadi biar gampang," ujar Awiek kepada wartawan, Senin (06/11).

"Karena, terus terang saja, Bu Khofifah yang muncul belakangan gaungnya di internal PPP itu sudah lebih keduluan Gus Ipul," imbuh dia.

Awiek memberi contoh saat rapat pimpinan wilayah PPP Jawa Timur beberapa waktu lalu. Para kader menyuarakan dukungan untuk Gus Ipul. Meski demikian, dia menyebut DPP PPP cenderung mendukung Khofifah.

"Contoh, dalam Rapimwil beberapa waktu lalu, aspirasi yang banyak itu justru Gus Ipul. Namanya aspirasi, wajar dong. Tapi, ketika DPP menentukan sikap, semua kader di bawah akan tunduk," kata Awiek.

Awiek meminta Khofifah membantu sikap PPP pusat yang ingin mengusung Ketua PP Muslimat NU itu. Dia mengimbau Khofifah menjalin komunikasi secara intens ke DPW dan DPC PPP Jatim.

"Alangkah lebih baik jika sikap DPP diimbangi keselarasan gerak DPW dan DPC. Syaratnya, ya Bu Khofifah lakukan komunikasi politik yang intens dengan teman-teman di bawah. Karena toh yang bekerja teman-teman DPW dan DPC yang menggalang massa," ungkap Awiek.

"DPP hanya memonitor, hanya mengarahkan. Aliansi strategis mungkin DPP yang ngatur, tapi teknis di lapangan itu kan tidak bisa melupakan teman DPW dan DPC. Kita sudah sampaikan kepada Ibu Khofifah dan timnya untuk segera melakukan komunikasi itu," imbuh dia.

Awiek menegaskan, meski kader di Jatim masih terbelah, DPP PPP cenderung akan mengusung Khofifah. Namun, sekali lagi, dia mengharapkan keseriusan Khofifah membangun komunikasi.

"Gus Ipul itu berproses sejak lama, baru kemudian masuk Bu Khofifah. Tapi ya sama-sama sampai sekarang belum ada keputusan PPP untuk mengusung siapa di antara dua ini. Kalau melihat kecenderungan-kecenderungannya di bawah, belakangan Bu Khofifah memang bermunculan dukungan," pungkas Awiek. det



Komentar Anda