Ngamen Tengah Malam, 8 Pemuda Diamankan Polisi

 

8 pengamen saat diamankan polisi


SURABAYAPAGI.com, Tuban - Sejumlah petugas kepolisian dari anggota Sabhara dan Sat Lantas Polres Tuban menggelar razia Cipta Kondisi (Cipkon) dalam rangka Operasi Bina Kusuma Semeru 2018 yang berlangsung pada Selasa (6/2/2018) tengah malam.

Dalam razia kali ini, Satgas Preventif itu mengamankan delapan pemuda yang masih mengamen pada tengah malam di kawasan Kota Tuban. Satu dari pengamen yang diamankan petugas ternyata masih anak-anak.

Dalam razia Operasi Bina Kusuma itu petugas melakukan penyisiran sejumlah titik jalan dan tempat-tempat yang disinyalir sering terjadi tindakan premanisme.

"Dalam kegiatan ini sasarannya adalah premanisme, penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja, penyakit masyarakat dan juga kekerasan terhadap anak," terang Kasat Sabhara Polres Tuban AKP Kusmindar.

Ketika melakukan razia dengan keliling itu, petugas mendapati sejumlah kelompok pemuda yang mengamen di tengah malam dan mengganggu ketertiban. Mereka langsung didatangi petugas dan langsung diamankan untuk dibawa ke Polres setempat.

"Ada delapan orang yang kita amankan. Mereka kedapatan meminta-minta dengan cara mengamen," tambahnya.

Mereka yang terjaring razia langsung dilakukan pendataan dan dilakukan pembinaan oleh Kasat Sabhara. Tujuannya, agar tidak mengulangi perbuatannya lagi. Para pengamen itu, menurut Kasat Sabhara, bisa ditindak pasal 504 ayat 1 KUHP.

"Untuk yang masih anak-anak hanya dilakukan pendataan dan dikembalikan kepada orang tuanya. Kita akan terus menggelar kegiatan ini untuk menciptakan situasi di wilayah Tuban yang aman dan kondusif," pungkasnya. (bj/irs)



Komentar Anda



Berita Terkait