Maia Estianty Sebut Neneknya Istri Bung Karno

 

Maia Estianty


Hampir semua orang tahu bahwa Maia Estianty merupakan cicit pahlawan H.O.S Tjokroaminoto. Namun tidak banyak yang tahu, jika anak H.O.S Tjokroaminoto dulunya istri dari Presiden pertama RI, Soekarno. Mantan isteri Ahmad Dani ini menyebut sang nenek itu bernama Oetari Tjokroaminoto. Benarkah klaim Maia ini?

Tjokroaminoto sendiri merupakan pahlawan nasional yang pernah menjadi pemimpin Sarekat Islam. Tjokroaminoto merupakan guru politik Soekarno. Dan Soekarno menikahi Oetari saat usianya belum genap 20 tahun. Oetari sendiri saat itu masih berumur 16 tahun. Pernikahan Oetari dan Soekarno berlangsung di rumah kos Tjokroaminoto yang legendaris itu, di Gang 7 Paneleh, Surabaya, pada 1921.

Seperti ditulis dalam buku otobiografi, Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia kepada Cindy Adams, Soekarno mengungkapkan jika Oetari tak pernah disentuhnya. Setelah menikah, hubungan mereka tak bertambah mesra bahkan disebut tak menikmati masa-masa bulan madu, terlebih Soekarno kian sibuk dengan aktivitas politiknya saat itu.

Pernikahan mereka tak berlangsung lama hingga akhirnya bercerai. Setelah menikah dengan Soekarno, Siti Oetari menikah lagi dengan lelaki lain. Salah satunya anaknya bernama Harjono Sigit, yang merupakan ayah Maia Estianty.

Maia menjelaskan hal itu di akun Instagramnya, ia menuliskan tentang sang nenek, Oetari Tjokroaminoto. "Nenek saya ini, Oetari Tjokroaminoto adalah istri pertama dari presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno," tulis Maia, kemarin.

Dari laman wikipedia, dituliskan bahwa Oetari adalah anak sulung H.O.S Tjokroaminoto. Ketika Soekarno kos di rumah Tjokroaminoto, ia jatuh cinta pada Oetari dan meminta izin untuk menikahinya.

Ketika menikah, usia Soekarno belum genap 20 tahun dan Oetari baru 16 tahun. Namun sayang, pernikahan mereka hanya bertahan selama tiga tahun saja. Ketika Soekarno lanjut sekolah di Bandung, mereka memutuskan untuk bercerai.

Setelah berpisah dengan Soekarno, Oetari menikah lagi dan memiliki anak bernama Harjono Sigit yang tak lain adalah ayah Maia. Meski demikian, hubungan Oetari dengan Soekarno tetap baik, mereka tidak bermusuhan meski bercerai.

Maia sendiri nampak bangga kepada neneknya, dan juga kakek buyutnya yang merupakan pahlawan kemerdekaan Indonesia. Dan sampai sekarang keluarga Maia masih tinggal di Surabaya, tempat H.O.S Tjokroaminoto berjuang untuk kemerdekaan negeri ini. n jk



Komentar Anda