Pertama Kali, Twitter Catat Laba

 

Twitter


Perusahaan penyedia jejaring sosial mikroblog Twitter melaporkan laba bersih sebesar 91 juta dollar AS pada kuartal IV 2017.

Ini adalah pertama kalinya Twitter membukukan laba bersih kuartalan sejak melantai di bursa saham pada tahun 2013 silam.

Mengutip CNN Money, Jumat (9/2/2018), Twitter pun berharap akan terus mencetak laba sepanjang tahun 2018 ini.

Sebelumnya, Twitter mengalami tahun yang cukup berat, dengan beberapa kali memangkas jumlah karyawan sejak pendirinya, Jack Dorsey, kembali menjadi CEO pada tahun 2015.

Pada kuartal IV 2017, Twitter pun melaporkan peningkatan pada bisnis iklan. Penjualan Twitter tercatat sebesar 732 juta dollar AS, naik 2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Capaian tersebut mengejutkan sekaligus menggembirakan. Sebab, selama beberapa kuartal terakhir, penjualan Twitter selalu menurun.

Dalam surat yang ditujukan kepada pemegang saham, Twitter menyatakan peningkatan penjualan tersebut lebih baik dibandingkan perkiraan. Penjualan iklan yang baik tersebut terjadi pada seluruh produk dan geografi, kata Twitter.

Saham Twitter pun melesat 20 persen pada perdagangan hari Kamis (8/2/2018) waktu setempat usai kinerja keuangan perseroan dilaporkan.

Penjualan dan profitabilitas yang membaik tersebut membuahkan harapan bahwa upaya perbaikan bisnis perseroan dapat memberi hasil.

Selain memangkas biaya, Twitter pun memperbaiki layanan guna menjaga loyalitas pengguna. Pada kuartal IV 2017, Twitter menaikkan batas cuitan kepada semua pengguna hingga dua kali lipat.

"Kami pun memperoleh lebih banyak retweet. Kami juga memperoleh lebih banyak mention," ujar Dorsey.

Analis GBH Insights Daniel Ives menyatakan, kinerja keuangan Twitter tersebut merupakan angin segar bagi investor yang telah sabar menunggu perbaikan setelah bertahun-tahun menderita.

 

Namun, Twitter terus menghadapi tantangan dalam perbaikan kinerja itu, salah satunya yakni pertumbuhan pengguna. 

Pertumbuhan pengguna Twitter tetap stagnan. Pada kuartal IV 2017, Twitter memiliki 330 juta pengguna aktif.

Adapun pengguna Twitter di AS cenderung turun. Pada kuartal IV 2017, pengguna Twitter di Negeri Paman Sam tersebut mencapai 68 juta, turun 1 juta dibandingkan 69 juta pengguna pada kuartal sebelumnya.



Komentar Anda



Berita Terkait