Pemkab Sidoarjo Gelar Produk Unggulan Koperasi dan UMKM

 

Foto:Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah saat meninjau bazar UMKM (foto: SP/ISTIMEWA)


SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo – Pelaku UMKM  (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah salah satu penggerak ekonomi bangsa, yang terbukti mampu menopang pembangunan ekonomi di Indonesia melalui kontribusinya ditopangnya. Oleh karena itu, berbagai upaya menumbuh kembangkan dan mempertahankan UMKM akan selalu dilakukan. Salah satunya melalui pembinaan kepada para pelaku UMKM agar dapat memberikan peluang menghadapi persaingan di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan menggelar produk unggulan usaha Koperasi dan UMKM. 

 

Gelar produk usaha koperasi dan produk unggulan UMKM tersebut dimulaiSenin 4 hingga 6 Desember 2017 di Halaman Parkir Timur Ramayana, Mall Sidoarjo, Jl. Pahlawan Sidoarjo dan rencananya juga akan dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH M.Hum sekitar pukul 15.00 WIB. 

 

 

 

Produk-produk mulai dari kerajinan tas, sepatu, baju bordir sampai makanan dan minuman ringan yang akan dipamerkan selama tiga hari tersebut. Selain itu juga akan menampilkan berbagai macam produk unggulan usaha koperasi dan usaha mikro. “Ada 60 stand buka nonstop mulai jam 8 pagi s/d 22.00 terbuka untuk masyarakat umum. Juga disajikan hiburan seni tari dan music,” jelas Plt. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo Drs Ec Tjarda, MM saat ditemui Minggu(3/12).

 

 

 

Selain itu,Tjarda  mengatakan kalau ada sekitar 206 ribu jumlah UMKM yang ada di wilayah Sidoarjo. Jumlah tersebut menandakan bahwa 9% warga Sidoarjo adalah pengusaha. Negara maju adalah negara yang penduduknya 4% adalah pengusaha. Oleh karena itu, Kabupaten Sidoarjo dapat dikatakan sebagai kabupaten yang perekonomiannya maju, kalau melihat perbandingan jumlah penduduknya yang mencapai 2,3 juta jiwa dengan jumlah pelaku UMKM nya yang mencapai 206 ribu. 

 

 

 

Ia katakan perhatian Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kepada para pelaku UMKM sangat tinggi. Salah satunya dengan didirikannya klinik UMKM. Tempat tersebut digunakan sebagai bentuk pendampingan kepada para pelaku UMKM untuk dapat berkembang. “Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo juga selalu memberikan dana bergulir bagi para pelaku UMKM. Dana dengan bunga yang cukup rendah tersebut dapat digunakan untuk penguatan permodalan usahanya,” jelas Tjarda. sg

  •  

 



Komentar Anda