Menperin Tegaskan Investor Tidak Khawatir Investasi di Tahun Politik

 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan, meskipun akan menghadapi tahun politik pada 2018 mendatang investor tidak perlu khawatir menanamkan modalnya atau melakukan perluasan usahanya di Indonesia.

Menurutnya telah banyak perusahaan skala gobal dan internasional yang sudah menanamkan modalnya di Indonesia. Sudah bertahun-tahun berjalan dan tidak terjadi apapun.

“Banyak perusahaan luar negeri yang sudah bertahan 30 sampai 40 tahun tetap tenang menjalankan bisnisnya,” ucapnya melalui pernyataan resmi, Jumat (3/11/2017).

Airlangga menambahkan, apapun yang terjadi di dalam politik nantinya, pemerintah akan memberikan perlindungan bagi para pelaku industri agar tidak menghalangi minat mereka membangun pabrik atau menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk mendukung rantai pasok global.

"Indonesia sudah menjadi negara yang dewasa dalam berdemokrasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara mengharapkan agar para pelaku usaha swasta untuk tidak takut dalam mengembangkan bisnisnya (ekspansi) pada tahun politik mendatang.

Menurutnya, dalam tahun politik tidak perlu ada kehawatiran yang berlebih dari pelaku usaha dalam negeri.

"Sektor swasta apa yang ada di rencana, misalnya, untuk ekspansi 2018, laksanakan. Kalau pemilu setiap lima tahun sekali ada kok. Tidak ada yang baru," ujar Mirza saat acara Economic & Capital Market Outlook 2018. lx/kmp



Komentar Anda