Apple Dituntut Quancomm

 

Qualcomm


SURABAYAPAGI.com, New York -- Qualcomm Inc telah menuntut Apple Inc dengan tuduhan pelanggaran kontrak lisensi perangkat lunak. Qualcomm menuduh Apple membuat modem berdaya jangkau luas yang akhirnya menguntungkan rival, Intel Corp.

Qualcomm mengatakan, gugatan mereka akan ditangani Pengadilan Negara Bagian California di San Diego. Perusahaan yang berbasis di California itu menyatakan, Apple menggunakan fasilitas Qualcomm untuk mengakses perangkat lunak rahasia yang termasuk kode sumber milik Qualcomm, demikian dilansir Reuters, Jumat (3/11/2017).

Apple menolak berkomentar soal ini. Apple mulai menggunakan chipmodem Intel untuk iPhone 7. Apple akan berhenti menggunakan chip Qualcomm untuk semua iPhone dan iPad mulai tahun depan. Tuntutan terbaru Qualcomm merupakan persoalan baru atas sengketa panjang keduanya.

Qualcomm menyatakan, harusnya insinyur Apple yang bekerja sama dengan Qualcomm tidak berkomunikasi dengan insinyur Apple yang bekerja sama dengan Intel.

Pada Juli lalu, menurut Qualcomm, Apple mengirim surat yang meminta akses informasi rahasia Qualcomm, yakni tentang kerja chip saat terhubung dengan jaringan nirkabel yang tidak terdeteksi. Qualcomm menyatakan, Apple menyalin informasi itu untuk insinyur Intel. (FF/REP)



Komentar Anda